Civics Education

Integritas Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Image
Integritas Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Oleh Muhamad Gian Ikhsan, M.Pd      Indonesia sebagai negara yang multikulturalisme      Multikulturalisme adalah sebuah konsepi atau pandangan yang menunjukan suatu keberagaman budaya yang hidup dalam masyarakat. J. S Furnival Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih komunitas (kelompok) yang secara kultural dan ekonomi terfragmentasi dan memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu sama lain. Berdasarkan latar belakang Negara Indonesia yang masyarakatnya terdiri dari keberagaman budaya, ras, suku, dan bahkan agama, maka dengan kata lain Indonesia merupakan negara yang multicultural. Dengan adanya keberagaman dalam kehidupan masyarakat Indonesia ini tentu menjadi sebuah anugrah sekaligus ancaman bagi Integritas Negara. Anugerah bagi negara Indonesia sebagai negara multikultur adalah :     Kekayaan bahasa daerah, kekayaan suku bangsa yang hidup...

Contoh Soal PPKN 28


1.     Penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) pada 20 Maret 1602. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik….
a.     Devide et impera
b.    Balas budi
c.     Etische Politic
d.    Dumping
2.     Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama….
a.     Wahidin Sudirohusodo
b.    Cipto Mangunkusumo
c.     Suwardi Suryaningrat
d.    Sutomo
3.     Perhatikanlah nama-nama tokoh berikut ini!
1.     Wahidin Sudirohusodo.
2.     Sutomo.
3.     Suwardi Suryaningrat.
4.     Cipto Mangunkusumo.
Siapakah tokoh-tokoh perintis Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia….
a.     1, 2, dan 3
b.    2, 3, dan 4
c.     1, 3, dan 4
d.    1, 2, dan 4
4.     Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1.     Mempelajari berbagai tarian daerah sebagai upaya untuk melestarikannya.
2.     Menggunakan produksi luar negeri karena kualitasnya terjamin.
3.     Menjaga kelestarian alam.
4.     Membuang sampah pada tempatnya.
Dari pernyataan diatas, perilaku yang menggambarkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor….
a.     1, 2, dan 3
b.    1, 3, dan 4
c.     2, 3, dan 4
d.    1, 2, dan 4
5.     Tindakan saat ini yang tidak sesuai dengan gagasan Wahidin Sudirohusodo tentang pendidikan adalah….
a.     Bagi Gina, pendidikan akan membantunya keluar dari kemiskinan sehingga dia belajar dengan serius.
b.    Indah ingin sekolah yang tinggi supaya menjadi karyawan di perusahaan terkenal.
c.     Diana merasa sangat bersedih saat melihat temannya putus sekolah karena disebabkan tidak ada biaya.
d.    Tere senantiasa membantu temannya yang kesulitan belajar.
6.     Negara Indonesia merupakan suatu negara yang letak wilayahnya sangat strategis, mempunyai keindahan alam, kaya akan flora dan fauna yang beraneka ragam. Hal tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai….
a.     Keistimewaan.
b.    Keunggulan.
c.     Kehebatan.
d.    Kelebihan.
7.     Berikut ini yang bukan merupakan penghayatan kebangkitan nasional untuk generasi muda ialah….
a.     Meskipun keluarganya tidak mampu menyekolahkannya, Toni tidak patah semangat dan berusaha mencari beasiswa sehingga dia sekarang bisa sekolah.
b.    Tuti begitu senang dengan budaya dari negara Korea, bahkan pakaian dan logat bicaranya identik dengan budaya negara Korea.
c.     Danu sangat tertarik dan ingin mengembangkan padi yang tahan hama karena tanaman padi milik ayahnya sering diserang berbagai macam hama.
d.    Rani dan Nia sangat suka memasak, bahkan mereka mengikuti kursus memasak pada sore hari sepulang sekolah.
8.     Organisasi yang dibentuk setelah Budi Utomo yang didirikan oleh R.Satiman Wiryosanjoyo dkk adalah….
a.     Jong Sumateramen Bond.
b.    Jong Java.
c.     Trikoro Dharmo.
d.    Sekar Rukun.
9.     Siapakah penggagas dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan dalam tiga sesi di tiga tempat berbeda….
a.     Perhimpunan Pelajar Indonesia.
b.    Trikoro Dharmo.
c.     Perhimpunan Indonesia.
d.    Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia.
10.  Rapat pertama yaitu pada Sabtu 27 Oktober 1928, Mohammad Yamin menjabarkan mengenai arti dan hubungan persatuan dan pemuda. Menurut M Yamin, ada lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia yaitu sejarah, kemauan, hukum adat serta….
a.     Bahasa dan pendidikan.
b.    Bahasa dan lagu kebangsaan.
c.     Bendera kebangsaan dan lambang negara.
d.    Bahasa dan bendera negara.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Pancasila di Era Globalisasi: Strategi Aktualisasi Nilai untuk Generasi Muda

Tantangan Implementasi Pancasila di Era Globalisasi

Integritas Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika